KATA PENGANTAR

Pujisyukurkehadirat Allah atassegalalimpahanRahmat, TaufikdanHidayahnyasehinggasayadapatmenyeselesaikanKaryaIlmiahinidengantepatwaktu.SemogaKaryaIlmiahinidapatbermanfaatbagipembacasemua.
HarapansayauntukKaryaIlmiahinisemogadapatmenambahwawasanparapembacadanmeginspirasiuntukmemulaibisnis.
Karyailmiahinisayaakuimasihjauhdari kata sempurna, karenamasihsangatsedikitnyapengalaman yang sayapunya.Olehkarenaitusayaharapkankritikdan saran yang membangundariparapembacauntukkaryailmiahini agar menjadikantulisan-tulisansayalebihbaikdikemudianhari.




















BAB I
PENDAHULUAN
1.1 LatarBelakang
Semangkaatautembikai (Citrulluslanatus, sukuketimun-ketimunanatauCucurbitaceae) adalahtanamanmerambat yang berasaldaridaerahsetengahgurun di Afrikabagianselatan.Tanamaninimasihsekerabatdenganlabu-labuan (Cucurbitaceae), melon (Cucumismelo) danketimun (Cucumissativus).Semangkabiasadipanenbuahnyauntukdimakansegarataudibuatjus. Bijisemangka yang dikeringkandandisangraijugadapatdimakanisinya (kotiledon) sebagaikuaci.
Sebagaimanaanggotasukuketimun-ketimunanlainnya, habitus tanamaninimerambatnamuniatidakdapatmembentukakaradventifdantidakdapatmemanjat. Jangkauanrambatandapatmencapaibelasanmeter.
Daunnyaberlekuk-lekuk di tepinya.Bunganyasempurna, berwarnakuning, kecil (diameter 3cm).Semangkaadalahandromonoeciousmonoklin, yaitumemilikiduajenisbungapadasatutumbuhan: bungajantan, yang hanyamemilikibenang sari (stamen), danbungabanci/hermafrodit, yang memilikibenang sari danputik (pistillum). Bungabancidapatdikenalidariadanyabakalbuah (ovarium) di bagianpangkalbungaberupapembesaranberbentuk oval.
Buahsemangkamemilikikulit yang keras, berwarnahijaupekatatauhijaumudadenganlarik-larikhijautua.Tergantungkultivarnya, dagingbuahnya yang berairberwarnamerahataukuning.
Tanamaninicukuptahanakankekeringanterutamaapabilatelahmemasukimasapembentukanbuah.

1.2 RumusanMasalah
1.      Bagaimanacaramengurangilimbahyang dapatmenggangguestetikaalam?
2.      Apasajabahan-bahan yang dibutuhkanuntukmembuatmanisankulitsemangka?
3.      Bagaimanacaramengolahmanisankulitsemangka?
1.3 Tujuan
1.      Mengurangilimbah-limbah yang menggangguestetikaalam
2.      Memunculkanpeluangbisnis
3.      Menciptakanlapanganpekerjaan




BAB II
PEMBAHASAN
Semangkaadalahbuah yang sangatenak.Dagingnya yang manisdanmemilikikandungan air yang banyak, menjadikanbuahiniterasasegardannikmat. Namun, tahukahAndabahwaselaindagingbuahnya, kulitsemangkaternyatajugabisadimakan.Kulitsemangkaumumnyaenakdimakansebagaimanisan.Penasarandengan rasa manisankulitsemangka?Cobasajabuatsendiri.

Membuatmanisankulitsemangkatidaklahsulit.Bahan-bahannya pun mudahdidapat.Dijamin, Andadapatmembuatnyasendiridenganmudah.Cobasajasimakcara-cara di bawahini;



Bahan-bahan :
  • Kulitbuahsemangka yang diambildari 1 buahsemangka
  • Air secukupnya
  • Gula 200 gram atausesuaiselera
  • Daunpandandanatausitrununtukpenyedap
  • Pewarnamakanan


Cara Pembuatan :
  • Siapkankulitbuahsemangka. Buangbagiankulitkerasnya yang berwarnahijaugelap. Untukmembuatmanisanini, hanyadiperlukanbagiankulitnya yang agaklunakdanberwarnaputihkehijauandankemerahansaja.
  • Potongkulitsemangkatersebutmenjadikotak-kotakkecil. Namun, jangansampaiterlalukecil. Kira-kira 1-2 cm.
  • Rendampotongantersebutdalam air kapursirihselama 10-12 jam.
  • Setelahselesaidirendam, cucipotongankulitsemangkatersebutsampaibersih.
  • Rebus air dangulasebentar, kemudianmasukkanpotongankulitsemangkadanbahan-bahanlainnya.
  • Kecilkanapi, tapitetapdibiarkanmenyalasampaiairnyahampirhabis.
  • Jikaairnyasudahhampirhabis, tetapikulitsemangkanyamasihbelumlunakataugulanyamasihkurangmeresap, tambahkanlagiairnyadantunggulagisampaihampirhabis. Jikaterasakurangmanis, tambahkanlagiguladanairnya. Ulangiteruscarainisampaikulitsemangkanyaterasaenak.
  • Biarkanbeberapamenitsampaisuhunya normal.
  • Masukkankedalamlemariesselamabeberapa jam sampaisuhunyadingin.
  • Manisankulitsemangkasiapdinikmati.


Selainrasanya yang enak, manisankulitsemangkaternyatajuga
mengandungbanyaknutrisi yang hampirsetaradengandagingbuahsemangkanya.Kulitsemangkamengandungberbagaimacam mineral sepertikaliumdanlikopen yang tinggi.Selainitu, manisankulitsemangkajugamengandungserat yang tinggi, sehinggabaikuntukmelancarkanpencernaandanmencegahobesitas.Olehsebabitu, janganlagimembuangkulitsemangkasetelahselesaimenikmatidagingbuahnya.Buatlahmanisankulitsemangkaseperticara di atas agar tubuhkitamendapatlebihbanyaknutrisi.

Jikatidakadalemaries, manisankulitsemangkatetapbisadinikmatisaatsuhunyatidakpanaslagi.Akan tetapi, rasanyatetaplebihnikmatjikasudahdimasukkanlemaries.Selamatmencoba! SemogaAndamenyukainya.

BAB IV
PENUTUP
1.1 Kesimpulan
            Dari pembahasandiatas, dapatkitasimpulkanbahwatidaksemualimbah yang terlihatsudahtidakbergunalagiitumemanghanyamenjadisampah , melainkanmasihada yang bisadiolahlagimenjadisesuatu yang bernilaiekonomislebih. Sehinggadarilimbahbisamenciptakanpeluangusahadanlapanganpekerjaanbagiparapengangguran.
1.2 Referensi










TUGAS LINGKUNGAN BISNIS
KARYA ILMIAH
PEMANFAATAN LIMBAH KULIT SEMANGKA MENJADI MANISAN


DISUSUN OLEH :
Nama  :NikenPutriAnjarwati
Nim     : 15.12.8886
Kelas   : S1SI-08

JURUSAN SISTEM INFORMASI
SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER
STMIK AMIKOM YOGYAKARTA

Myblog

Niken Putri Anjarwati

Tidak ada komentar:

Posting Komentar