Perancangan Website


ABSTRAK

Perkembangan teknologi dan sumber informasi melalui media internet, saat ini semakin digemari oleh masyarakat atau pelaku bisnis. Internet sebagai media teknologi memiliki fungsi menyediakan berbagai informasi yang dibutuhkan user.

Dengan berkembang pesatnya internet maka banyak pula

kebutuhan-kebutuhan, terutama perusahaan, bisnisman, ataupun instansi tertentu yang memanfaatkan keberadaan internet. Contohnya adalah penggunaan website. Oleh karena itu, permintaan perancangan website datang dari berbagai penjuru. Salah satunya dari kalangan pengusaha yang ingin mempromosikan produknya melalui website. Ini membuat bisnis perancangan website kian menjanjikan. Sebuah website di internet menjadi suatu sarana yang sangat besar manfaatnya mengingat website aktif 24 jam sehari. Sehingga si pemilik website sedang beristirahat sekalipun maka situs atau website miliknya tetap dapat diakses oleh calon pelanggan bukan hanya dari Indonesia namun juga dari seluruh dunia.

Sekarang ini internet sudah menjadi bagian penting dalam kehidupan masyarakat. Kini, memiliki website sudah menjadi hukum wajib bagi sebuah institusi. Instansi pemerintah, sekolah, lembaga swadaya masyarakat, hingga perusahaan skala besar maupun kecil tak ingin ketinggalan memiliki situs mereka sendiri. Bahkan, tak sedikit individu yang juga ingin ngetop dengan memiliki rumah di dunia maya.

Tak heran, jasa perancangan website pun kebanjiran rezeki. Para penyedia jasa ini, lazimnya menyediakan beberapa jenis layanan. Misalnya desain website, perancangan website dinamis dan website statis, perancangan blog, toko online, minisite, dan masih banyak lagi.

ISI

 Menurut lembaga riset pasar e-Marketer,  populasi netter Tanah Air mencapai 83,7 juta orang pada 2014.

Angka yang berlaku untuk setiap orang yang mengakses internet setidaknya satu kali setiap bulan itu mendudukkan Indonesia di peringkat ke-6 di dunia dalam hal jumlah pengguna internet.

Pada 2017, e-Marketer memperkirakan, jumlah netter Indonesia bakal mencapai 112 juta orang, mengalahkan Jepang pada peringkat ke-5, yang pertumbuhan jumlah pengguna internetnya lebih lamban.

Secara keseluruhan, jumlah pengguna internet di seluruh dunia diproyeksikan bakal mencapai 3 miliar orang pada 2015. Tiga tahun setelahnya, pada 2018, diperkirakan sebanyak 3,6 miliar manusia di bumi bakal mengakses internet, setidaknya sekali tiap satu bulan.
Analis senior eMarketer, Monica Peart menyebutkan bahwa: "Negara berkembang seperti Indonesia dan India masih memiliki ruang pertumbuhan jumlah pengguna internet yang besarnya bisa mencapai dua digit setiap tahun".

Jumlah dan proyeksi jumlah pengguna internet di dunia, menurut eMarketer


Semakin lama pengguna internet semakin meningkat maka semakin besar peluang bisnis jasa perancangan website ini. Dengan peluang pasar yang bagus maka kita tinggal konsisten untuk mempromosikan diri bahwa kita membuka jasa perancangan website.

•  Apa saja langkah awal yang harus dilakukan dalam menjalankan usaha perancangan website?
1.    Kontrak Kerja

Di dalam dunia bisnis, apapun bisnisnya tentu mempunyai kontrak kerja yang jelas. Sama seperti usaha ini, kontrak kerja harus jelas antara pembuat website dengan klien. Dalam menjalankan bisnis ini ada dua sistem kontrak kerja. Pertama, Sistem kerja-putus, artinya kita hanya mengejarkan website pelanggan sampai jadi sesuai keinginan dan selanjutnya website akan diolah sendiri oleh pelanggan. Kedua, Sistem kontrak lanjut dengan pelanggan, artinya kita bertanggung jawab atas pembuatan website, pengelolaan dan keamanan selama kontrak perjanjian.

2.    Ketetapan Harga 

Klien harus diberi tau sejelas-jelasnya tentang standar harga, agar pelanggan merasa puas dengan ketetapan harga yang sudah ditentukan.

3.    Jaga Kualitas Website
Kualitas website merupakan modal utama dalam menjalankan bisnis. Usahakan jaga kualitas website yang Anda buat dan terakhir dalam menjalankan bisnis ini adalah, kejujuran, karena hanya dengan kejujuran yang bisa membuat bisnis ini jaya.

•    Target pasar?
Target pasar untuk usaha ini juga sangat luas dan jelas yakni baik mulai dari perusahaan, toko besar/kecil, organisasi, tokoh masyarakat, artis, instansi pemerintah maupun Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM). Bahkan, tidak sedikit individu yang juga ingin populer dengan memiliki rumah di dunia maya.

•    Modal yang dibutuhkan?
Untuk memulai bisnis ini tidaklah memerlukan modal yang besar. Yang pertama anda harus mempunyai sebuah komputer atau laptop dengan spesifikasi yang menengah jika anda ingin memulai usaha ini untuk diri sendiri.
Yang kedua anda hanya perlu menguasai bahasa pemrograman dan desain logo maupun template. Bagi sebagian besar orang yang ingin menjalankan usaha ini namun tidak mempunyai latar belakang pendidikan komputer atau teknologi informasi akan menjadi hambatan.

•    Berapa penghasilan seorang web developer?
Pembuatan website memerlukan biaya yang sangat kecil dibanding harga website yang telah jadi. Hal ini karena harga website sebagian besar memang untuk membayar kemampuan dari seorang ahli yang membuatnya. Sebagai gambaran, website untuk perusahaan daerah yang harganya Rp 10.0000.0000,- bisa jadi hanya memerlukan domain dan hosting sebesar Rp 500.000,- dan bisa diselesaikan dalam waktu 3 hari. Sedangkan website perusahaan besar/instansi pemerintah yang bernilai ratusan juta rupiah bisa dibangun dengan biaya 10 juta setahun (pembelian domain dan hosting setingkat VPS). Menggiurkan bukan?  

•    Sampai kapan website diperlukan?
Untuk saat ini di Indonesia penggunaan website untuk berbagai keperluan baru tahap permulaan dan dipastikan akan mengalami pertumbuhan pesat dimasa mendatang. Di negara-negara maju pun perkembangan media informasi melalui internet terus berkembang. Melihat perkembangan ini saya yakin bahwa dengan kemampuan yang baik dalam bidang pembuatan website, orang akan bisa mandiri dengan penghasilan yang cukup.


REFERENSI

Myblog

Niken Putri Anjarwati

Tidak ada komentar:

Posting Komentar